Cari Blog Ini

Selasa, 01 Oktober 2013

Contoh Perjanjian Jual Beli Produk

PERJANJIAN JUAL BELI
No. _______________


Perjanjian Jual Beli ini (“Perjanjian”) dibuat pada hari ________ tanggal  ________ 2013, oleh dan antara:
1.              PT ____________, suatu perseroan terbatas yang berdiri secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berkedudukan di ________________ yang dalam hal ini diwakili oleh ____________ selaku direktur dan untuk itu sah bertindak untuk dan atas nama PT _________ (untuk selanjutnya disebut sebagai “Penjual”); dan
2.              PT ____________, suatu perseroan terbatas yang berdiri secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia dan berkedudukan di ________________ yang dalam hal ini diwakili oleh ____________ selaku direktur dan untuk itu sah bertindak untuk dan atas nama PT _________ (untuk selanjutnya disebut sebagai “Pembeli”);

Penjual dan Pembeli selanjutnya secara bersama-sama disebut “Para Pihak” dan masing-masing disebut sebagai “Pihak”.

Para Pihak masing-masing dalam kedudukannya tersebut di atas menerangkan terlebih dahulu sebagai berikut:
A.            Penjual merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ________________  (selanjutnya disebut sebagai “Produk”) dan bersedia untuk menawarkan Produknya kepada Pembeli; dan
B.             Pembeli merupakan pemilik proyek bangunan dan berniat untuk membeli Produk tersebut dari Penjual dan Penjual setuju untuk menjual Produknya kepada Pembeli.
Para Pihak sepakat untuk mengatur jual beli Produk tersebut dengan membuat Perjanjian ini dengan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

PASAL 1
JUAL BELI
1.1.         Penjual setuju untuk menjual dan menyerahkan Produk (sebagaimana dirinci dibawah)  kepada Pembeli dan Pembeli dengan ini menyatakan setuju untuk membeli dan menerima penyerahan Produk tersebut dari Penjual sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan ketentuan yang tercantum dalam Perjanjian ini.


1.2.         Penjual atas permintaan dari Pembeli akan menjual dan menyerahkan Produk sebagai berikut:
No.
Produk
Jumlah
Harga
1.


Rp.
2.


Rp.
3.


Rp.
4.
dst…

Rp.
PPN 10%
Rp.
Total
Rp.

Bahwa Pembeli telah melihat atau memahami kualitas material, desain, ukuran dan spesifikasi lainnya atas Produk dan tidak akan melakukan pembatalan pesanan Produk tersebut kepada Penjual. Para Pihak dapat melampirkan spesifikasi atau desain Produk yang dipesan sebagai lampiran dari Perjanjian ini.

1.3.         Harga pembelian untuk keseluruhan Produk tersebut diatas adalah sebesar Rp. ________________ (terbilang: _________________________) (“Harga Pembelian”) dan sudah termasuk PPN sebesar 10% (sepuluh persen). Harga tersebut berlaku selama tidak terjadinya perubahan mendasar kurs mata uang Dollar Amerika Serikat (US$) terhadap Rupiah (Rp).

1.4.         Penjual akan menyerahkan Produk tersebut kepada Pembeli di __________________ (“Tempat Penyerahan”) selambat-lambatnya pada tanggal _________________ 2013 (“Tanggal Penyerahan”). Penjual berhak untuk melakukan pengiriman atau penyerahan Produk secara terpisah-pisah sebelum tanggal yang ditentukan tersebut.

Pasal 2

PEMBAYARAN HARGA PEMBELIAN
2.1.       Pembeli wajib untuk melakukan pembayaran Harga Pembelian secara tepat waktu kepada Penjual secara bertahap sebagai berikut:
No.
Pembayaran
Persentase
Jumlah
1.
Uang muka (down payment) dibayarkan pada saat ditandatanganinya Perjanjian ini
50%
Rp.
2.
Pada saat Produk telah berada di Tempat Penyerahan
50%
Rp.
Total
Rp.

Pembeli wajib melakukan semua pembayaran diatas dilakukan tanpa adanya potongan atau biaya administrasi lainnya.
2.2.       Pembeli wajib melakukan pembayaran Harga Pembelian sesuai dengan jadwal diatas dengan cara melakukan pembayaran secara tunai melalui pengiriman ke rekening bank yang ditunjuk oleh Penjual dibawah ini:
No. Rekening                : _____________________
Bank & Cabang             : _____________________
Nama Pemilik               : _____________________

Setiap pembayaran oleh Pembeli, Penjual berhak meminta bukti pengiriman atau pembayaran dimaksud kepada Pembeli dan Pembeli wajib untuk memperlihatkan bukti pembayaran atau pengiriman uang tersebut.
2.3.       Penjual berhak menghentikan pengiriman atau pekerjaan dalam hal pembayaran sebagaimana diatur di atas belum dipenuhi oleh Pembeli, dan Penjual tidak bertanggung jawab serta tidak akan dapat dikenakan denda/sanksi ataupun ganti rugi dalam hal terjadinya keterlambatan pengiriman atau pengerjaan Produk akibat kelalaian Pembeli yang tidak atau terlambat melakukan pembayaran sebagaimana diatur diatas atau dalam hal terjadinya Keadaan Kahar (sebagaimana didefinisikan dibawah).

Pasal 3
PEMBATALAN ATAU PERUBAHAN PESANAN
3.1.       Dalam hal setelah penandatangan Perjanjian ini Pembeli melakukan pembatalan salah satu atau sebagian atau seluruh Produk yang telah dipesan dan dikerjakan atau dikirim oleh Penjual, Pembeli wajib untuk tetap melakukan pembayaran sebagaimana telah disepakati dan/atau tidak berhak untuk menuntut pengembalian uang yang telah dibayarkan tersebut.
3.2.       Dalam hal Produk telah dikerjakan atau dikirim, perubahan pesanan oleh Pembeli hanya dapat dilakukan berdasarkan persetujuan dari Penjual dan Harga Pembelian dapat berubah sesuai dengan perubahan pesanan tersebut.

3.3.       Dalam hal yang demikian sebagaimana dimaksud diatas, Pembeli tidak dapat menuntut Penjual atas keterlambatan pengiriman atau poenyerahan produk yang sebelumnya pemesanannya tersebut diubah.

dan seterusnya...

1 komentar:

  1. Berawal dari melihat banyaknya pertumbuhan perusahaan baru di kawasan industri atau di luar kawasan industri hal ini membuat semakin banyak permintaan kebutuhan racking system, sehingga kami ingin terlibat dan ikut serta untuk dapat mengadakan, membantu dan memaksimalkan penggunaan ruangan yang tersedia dengan baik dan rapih serta teratur sesuai kebutuhan pada suatu kosumen ataupun perusahaan
    Maka dari itu, PT. Dachang Shelving sebagai Duta Rak Indonesia hadir untuk menyediakan berbagai kebutuhan rak anda seperti rak supermarket, rak minimarket, rak toko, rak gondola, rak gudang, rak pallet, rak besi, rak siku, Heavy Duty Rack, Medium Duty Rack, Light Duty Rack dengan berbagai ukuran, siap kirim ke seluruh kota di Indonesia
    Info lebih lanjut Hub.Office / Showroom : Jl. Raya serang KM 24 Balaraja Barat Tangerang
    Telp / Wa : 081213-3040-75
    http://jualrakshelving.blogspot.co.id/

    BalasHapus